Kamis, 20 Desember 2018

Penjelasan Mengenai Derajat Keasaman/pH


Penjelasan Mengenai Derajat Keasaman/pH 

Untuk menyatakan tingkat keasaman/kebasaan suatu larutan digunakan standar eksponen hidrogen atau pH.

1. Tetapan kesetimbangan air (Kw)

Air murni merupakan elektrolit yang sangat lemah, meskipun demikian bila diuji dengan menggunakan alat uji yang sangat peka, ternyata air memperlihatkan daya hantar listrik meskipun lemah. Kenyataan ini menunjukkan bahwa air dapat terionisasi menjadi ion H+ dan ion OH– meskipun sedikit.

Persamaan kesetimbangan ionisasi air dapat dituliskan sebagai berikut:


Karena H2O yang terionisasi sangat kecil maka (H2O) dapat dianggap konstan. Artinya dapat dianggap tidak mengalami perubahan, sehingga:

K [H2O] = [H+] [OH–]
Kw = [H+] [OH–]

Kw adalah tetapan kesetimbangan ionisasi air, mempunyai harga tetap pada temperatur tetap.

Pada suhu 25 °C harga derajat ionisasi air = 1,8 x 10-9 sehingga pada kesetimbangan air:


Perhitungan-perhitungan mengenai konsentrasi H+ atau OH– dalam suatu larutan selalu menyangkut bilangan-bilangan yang sangat kecil, maka bilanganbilangan itu dinyatakan dalam harga logaritma negatifnya.

Penyederhanaan bilangan yang sangat kecil dengan harga logaritma negatifnya dikemukakan oleh ahli kimia Denmark, S.P.L Sorensen pada tahun 1909 dengan mengajukan konsep pH (p berasal dari kata potenz yang berarti pangkat dan H adalah tanda atom hidrogen)


2. pH larutan asam kuat dan basa kuat

Pada uraian mengenai asam kuat dan basa kuat telah kita pelajari bahwa seluruh atau hampir seluruh molekul-molekul asam kuat dan basa kuat dalam air terurai menjadi ion-ionnya. Jadi, derajat ionisasi asam kuat dan basa kuat dapat dianggap = 1. Secara teoritis untuk menghitung konsentrasi ion H+ pada asam kuat dan ion OH– pada basa kuat, tergantung pada banyaknya ion H+ atau OH– yang dapat terionisasi dalam larutan.

3. pH larutan asam lemah dan basa lemah

Pada uraian mengenai asam lemah dan basa lemah dalam air, telah kita pelajari hanya sebagian kecil saja molekul-molekul asam lemah atau basa lemah yang dapat terionisasi dalam air. Banyaknya asam atau basa yang terurai ditentukan oleh derajat ionisasi (a) atau harga tetapan setimbang asam lemah atau basa lemah (Ka atau Kb).

Untuk mendapatkan rumus konsentrasi ion H+ pada asam lemah telah dipelajari di depan, yaitu:


Socar de Lahoya !

Penjelasan Mengenai Derajat Keasaman/pH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lim Budi

0 komentar:

Posting Komentar