Senin, 17 Desember 2018

Hubungan Sistem Periodik dengan Elektron Valensi Unsur-unsur


Hubungan Sistem Periodik dengan Elektron Valensi Unsur-unsur

Elektron valensi adalah elektron pada kulit terluar atau elektron yang dapat digunakan untuk membentuk ikatan. Unsurunsur pada satu golongan mempunyai jumlah elektron valensi yang sama. Ciri-ciri elektron valensi menurut golongannya dapat dilihat pada tabel 1.4 berikut



Unsur-unsur golongan utama mempunyai elektron valensi sama dengan nomor golongannya.

Misalnya: semua unsur golongan VIIA mempunyai elektron valensi = 7 (ns2 + np5). Unsur-unsur transisi mempunyai elektron valensi ns2, (n – 1)d1–10

Ikatan Kimia

Ikatan kimia adalah gaya tarik-menarik antara atom-atom sehingga atom-atom tersebut tetap berada dalam keadaan bersama-sama dan terkombinasi. Ikatan yang terjadi antara atom menyangkut konfigurasi elektron terluar dari atom-atom yang bersangkutan. Konfigurasi elektron atom-atom cenderung mengikuti/menyamai konfigurasi elektron atom-atom gas mulia.

Hal ini disebabkan atom-atom gas mulia sangat stabil, karenanya sulit untuk bereaksi dengan atom-atom unsur lain. Kestabilan atomatom gas mulia disebabkan kulit terluarnya terisi penuh (orbital-orbital pada bilangan kuantum utama terbesar terisi penuh), yaitu 8 elektron. Atom-atom unsur lain dapat mencapai kestabilan seperti atom-atom gas mulia dengan melepas, mengikat, atau memakai bersama-sama pasangan elektron-elektron.

Dengan demikian sifat unsur-unsur dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Unsur logam/unsur-unsur elektropositif, yaitu unsurunsur yang dapat memberikan satu atau lebih elektron kulit terluarnya. Sehingga konfigurasi elektronnya sama dengan gas mulia.

2. Unsur nonlogam/unsur-unsur elektronegatif, yaitu unsurunsur yang dapat menerima satu atau lebih elektron pada kulit terluarnya. Sehingga konfigurasi elektronnya sama dengan gas mulia.

3. Unsur semilogam yaitu unsur-unsur yang cenderung tidak melepaskan atau menerima elektron pada kulit terluarnya.

Elektron-elektron yang berperan dalam membentuk suatu ikatan kimia adalah elektron-elektron yang terletak pada kulit terluar.

Contoh:

- 11Na dengan konfigurasi elektron: 1s2, 2s2, 2p6, 3s1maka yang berperan adalah elektron pada 3s.

- 15P dengan konfigurasi elektron: 1s2, 2s2, 2p6, 3s2, 3p3 maka yang berperan adalah elektron pada 3s2, 3p3.

Untuk menggambarkan susunan elektron terluar dari sebuah atom, maka elektron-elektron itu dilambangkan dengan titik (􀁸) atau silang (x) di sekitar lambang atom unsur yang dimaksud.

Misalnya untuk contoh di atas:



Penulisan demikian disebut struktur Lewis, yaitu nama seorang kimiawan Amerika G.N. Lewis (1875–1946) yang memperkenalkan sistem tersebut.

Socar de Lahoya !


Hubungan Sistem Periodik dengan Elektron Valensi Unsur-unsur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lim Budi

0 komentar:

Posting Komentar