Rabu, 19 Desember 2018

Faktor-faktor yang Memengaruhi Pergeseran Kesetimbangan ( Lengkap )


Faktor-faktor yang Memengaruhi Pergeseran Kesetimbangan ( 1-2 )

1. Perubahan konsentrasi

Apa yang terjadi pada sistem kesetimbangan jika konsentrasi salah satu komponen diubah oleh pihak luar? Konsentrasi berpengaruh terhadap pergeseran kesetimbangan karena ketika salah satu pereaksi atau produk dari suatu reaksi ditambah konsentrasinya maka akan terjadi pergeseran kesetimbangan kearah penambahan konsentrasi tersebut.

Perubahan konsentrasi

– Jika salah satu konsentrasi zat diperbesar, reaksi akan bergeser dari arah zat tersebut
– Jika salah satu konsentrasi zat diperkecil, reaksi akan bergeser ke arah zat tersebut

2. Perubahan Volume dan Perubahan Tekanan

Pada dasarnya perubahan volume berarti perubahan konsentrasi seluruh komponen dalam sistem kesetimbangan. Jika volume sistem diperkecil, jumlah mol per liter akan bertambah.

Perubahan tekanan hanya berlaku untuk sistem kesetimbangan gas. Pada suhu tetap, volume gas berbanding terbalik dengan tekanannya. Jika volume diperbesar, maka tekanan gas menjadi kecil.

Sebaliknya, jika volume diperkecil, maka tekanan gas menjadi besar. Analog dengan volume, dapat diterima bahwa tekanan gas sebanding dengan konsentrasi komponen komponen sistem kesetimbangan. Oleh karena itu, pengaruh perubahan tekanan (pada suhu tetap) ketentuannya sama dengan pengaruh perubahan volume hanya perumusannya dibalik

• Perubahan tekanan atau volume

– Jika tekanan diperbesar (volume diperkecil), reaksi akan bergeser ke arah jumlah mol gas yang lebih kecil

– Jika tekanan diperkecil (volume diperbesar), reaksi akan bergeser ke arah jumlah mol gas yang lebih besar

3. Perubahan suhu

Pengaruh perubahan suhu terhadap kesetimbangan berkaitan dengan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm. Apabila pada kesetimbangan suhu dinaikkan, sistem akan menurunkan suhu dengan cara menyerap kalor yang diberikan. Kesetimbangan akan bergeser ke pihak yang menyerap panas, yaitu ke pihak NO2. Sebaliknya jika suhu diturunkan kesetimbangan akan bergeser ke pihak yang eksoterm (pihak yang membebaskan panas), yaitu ke pihak N2O4.

Perubahan suhu

– Jika suhu dinaikkan, reaksi akan bergeser ke arah reaksi endoterm
– Jika suhu diturunkan, reaksi akan bergeser ke arah reaksi eksoterm

4. Penambahan katalisator

Suatu katalis akan mempercepat reaksi dengan cara menurunkan energi aktivasi. Kehadiran katalis akan menurunkan energi pengaktifan baik untuk reaksi maju maupun untuk reaksi balik, sehingga keduanya mempunyai laju yang lebih besar.

Perhatikan diagram yang melukiskan reaksi kesetimbangan

A + B ↔ C + D


Perlu diperhatikan bahwa dalam reaksi kesetimbangan, adanya katalisator tidak mengakibatkan terjadinya pergeseran kesetimbangan, tetapi hanya mempercepat tercapainya keadaan setimbang.

Dengan demikian, penambahan katalis dilakukan pada awal reaksi (sebelum kesetimbangan tercapai) karena penambahan katalis setelah tercapai kesetimbangan tidak akan ada gunanya.

Katalis dapat mempercepat atau memperlambat terjadinya reaksi, namun tidak memengaruhi baik letak kesetimbangan maupun harga tetapan setimbang. Jadi, katalis hanya mempercepat tercapainya keadaan setimbang.

Contoh:

2 SO2(g) + O2(g) 2 SO3(g)

Reaksi tersebut dapat berlangsung lebih cepat jika ditambah katalis, yaitu vanadium pentoksida (V2O5).

Socar de Lahoya !


Faktor-faktor yang Memengaruhi Pergeseran Kesetimbangan ( Lengkap ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lim Budi

0 komentar:

Posting Komentar